Jelang Home Race: “Valentino Rossi sang raja Mugello”

Helm-baru-Valentino-Rossi-MotoGP-Mugello-2015_1
MotoGPCrash.Com—
Balapan MotoGP musim 2016 telah berlangsung lima seri. Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, kini berada di posisi teratas dengan total 90 poin, kemudian di posisi ke dua saat ini ada Marc Marquez dengan meraihan 85 poin, di tempat ke tiga disusul Valentino Rossi dengan peraihan 78 poin.

Nah, akhir pekan ini mereka akan bersaing kembali di GP Italia yang merupakan seri keenam. Terlepas dari persaingan tiga pebalap tersebut di samping para pebalap lain, di Sirkuit Mugello ini akan menjadi ujian berat bagi Rossi untuk meraih reputasinya kembali sebagai raja di seri ini karena dimasa lalu ia sudah tujuh tahun berturut-turut menjadi juara di sirkuit Mugello ini.

mugello-heart-helmet-title-1

Ya, “The Doctor” telah menorehkan tinta emas dalam kariernya di Mugello sebagai pembuat sejarah dimasa lalu. Ketika tahun ia menjadi juara di sirkuit ini, dia adalah pebalap pertama dalam sejarah balap motor, yang menang tujuh tahun tanpa putus di tempat yang sama, yang merupakan homerace nya itu.

Kini, pertanyaan baru muncul. Apakah juara dunia 9 kali ini bisa meraih kembali tahta Raja nya disini? serta mencetak kemenangan ke-114 sepanjang kariernya?

Sebelum Rossi membuktikannya pada akhir pekan nanti, lebih dulu kita lihat trek rekor perjalanan nya di Mugello Italia:

1. Tahun 1996 dikelas 125cc dengan mengendarai Aprilia ia berhasil meraih posisi ke 8 dalam kualifikasi kemudian berhasil finsih ditempat ke 4posisi dan ini merupakan Debut Rossi di Mugello dan yang kelima di GP, tertinggal 1,6 detik dari pemenang, Victor Peter Ottl kala itu.

2. Tahun 1997 masih dikelas 125cc dan motor Aprilia dalam sesi Kualifikasi ia berada di posisi 3 kemudian menjadi jawara, ini adalah kemenangan perdana Rossi di Mugello, dan merupakan bagian dari perjalanannya menuju tangga juara dunia kelas 125cc.

3. Tahun 1998 dengan mengendarai aprillia 250cc Rossi berada diposisi ke 4 dalam sesi kualifikasi dan menjadi runner up. Walapun harus puas dipodium ke 2 Rossi sempat memimpin selama tujuh lap, sebelum balapan dihentikan karena hujan. Ketika balapan dimulai lagi, dia finis ketiga, tetapi berdasarkan akumulasi waktu, dia dinyatakan menjadi runner-up, di belakang pebalap veteran Marcellino Lucchi, yang meraih kemenangan perdana di GP Mugello.

Valentino-Rossi-Mugello-1999

4. Tahun 1999 merupakan tahun ke 2 dikelas 250cc dan masih dengan motor Aprilia dalam sesi Kualifikasi ia meraih posisi ke 6 dan kemudian berhasil menjadi juara. Rossi menjadi pebalap pertama yang menjadi juara di Mugello ketika tampil di kelas 125cc dan 250cc.

5. Tahun 2000 dengan berbekal motor Honda 500cc ia berhasil meraih posisi ke 3 dalam sesi kualifikasi di posisi 3 kemudian finish di posisi 12 ini terjadi karena ia terlibat tabrakan di lap ke-21, sementara itu Max Biaggi dan Loris Capirossi bersaing ketat untuk menjadi pebalap Italia pertama yang menang di Mugello untuk kelas 500cc. Capirossi menjadi pemenang, sementara itu Rossi finis di urutan 12.

6. Tahun 2001 masih mengendarai motor Honda 500cc ia sempat menempati pole position Untuk pertama kalinya lalu start dari pole di Mugello, Rossi justru tidak finis karena jatuh saat balapan di trek yang basah akibat hujan. Ini adalah kali pertama Rossi tidak menuai poin di Mugello.

7. Tahun 2002 dengan mengendarai Honda 990cc Rossi berhasil menempati pole position dan menjadi juara. Rossi menjadi pebalap pertama yang bisa juara di Mugello di tiga kelas yang berbeda saat itu.

2003_mugello

8. Tahun 2003 dan masih mengendarai motor Honda 990cc ia kembali menempati pole postion dan menjadi juara: Setelah bertarung ketat dengan dua rekan senegaranya, Loris Capirossi dan Max Biaggi, Rossi akhirnya keluar sebagai pemenang. Ini juga untuk pertama kalinya tiga pebalap tuan rumah di kelas premier, naik podium di Mugello.

PLN.RossiActionMugello

9. Tahun 2004 tahun pertamanya bersama Yamaha ia berhasil meraih posisi ke 3 dalam sesi kualifikasi di dan menjadi juara: Balapan sempat terhenti di lap ke-17 akibat hujan. Saat dimulai lagi, Rossi menjadi juara, di saat ia hanya tinggal enam lap, merupakan yang terpendek dalam sejarah kelas premier.

PLN.MugelloPodium

10. Tahun 2005 tahun ke 2 bersama motor Yamaha. Ia berhasil menempati pole position dan kemudian menjadi juara. Rossi mengungguli para kompatriotnya, Max Biaggi, Loris Capirossi, dan Marco Melandri. Ini adalah untuk pertama kalinya di kelas premier sejak 1968, para pebalap Italia menguasai posisi empat besar.

11. Tahun 2006 dengan motor Yamaha ia meraih posisi ke 3 dalam Kualifikasi dan lagi-lagi menjadi juara: Ini termasuk salah satu balapan terbaik di era MotoGP. Rossi menaklukkan Loris Capirossi dan Nicky Hayden.

12. Tahun 2007 masih menggunakan motor Yamaha dalam sesi Kualifikasi ia berhasil meraih posisi 3 dan masih menjadi juara: Rossi menjadi juara di Mugello enam kali berturut-turut, menyamai rekor Mick Doohan, yang menang balapan kelas 500cc di Mugello dari 1993-1998.

13. Tahun 2008 peralihan motor 800cc dan masih dengan Yamaha ia berhasil menempati pole position dan berhasil menjadi juara. Ini peraihan kemenangan di Mugello tujuh kali berturut-turut, mencatat sejarah baru di ajang balap motor, sebagai pebalap yang menang di rumahnya sendiri selama tujuh kali berturut-turut.
Mugello-2014

Iklan

Tentang oldrider

KeepBrotherhood & Peace
Pos ini dipublikasikan di MotoGP, Valentino Rossi, yamaha dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s