Mesin Jebol, Hanya Derita Yamaha Sajakah?

MotoGPCrash.com – Yamaha mengalami kegagalan dua mesin di GP Mugello. Menurut Toni Boerner, gagal mesin adalah masalah yang kadang berulang terjadi pada pabrikan Jepang tersebut. Selama dekade terakhir, gagal mesin semakin jarang terjadi di MotoGP dan sepertinya itu masalah ekslusif bagi Yamaha.

M1 yang harus mengalami gagal mesin di Mugello

M1 yang harus mengalami gagal mesin di Mugello

Gagal mesin yang terjadi pada Rossi, khususnya, bernilai sangat mahal bukan hanya dalam hal perbaikan. Apakah bencana di Mugello disebabkan kesialan belaka atau tidak? Tentu jika anda memiliki mesin dalam jumlah terbatas yang digunakan sepanjang musim, pastilah anda butuh kerjasama yang baik antara kekuatan dan kecepatan di satu sisi dan akuntabilitas di sisi lain. Tim memiliki 7 mesin untuk semua 18 race MotoGP. Sebagai perbandingan sewaktu Cal Crutchlow menjadi juara dunia di Supersport pada tahun 2009 ia menghabiskan lebih dari 30 motor.

Namun, sepertinya tidak adil bila terlalu menyalahkan Yamaha, Yamaha telah terlibat di Moto GP+, World Superbike, Enduro, Endurance, MXGP and Dakar. Tentu saja Yamaha bersaing keras dengan Honda, tahun lalu mereka melangsungkan ulang tahun Yamaha ke-60  tetapi rupanya mereka kalah bersaing dengan Honda dan BMW. Trofi The Isle of Man TT bukan punya Yamaha. Contohnya Michael Dunlop meninggalkan Yamaha karna tak mau mempertaruhkan hidupnya. Ada gambar beberapa yang menunjukkan kejadian di mana asap  putih pada motor muncul sama persis seperti pada motor Rossi dan Lorenzo di Mugello. Dunlop kehilangan beberapa liter bensin dalam satu lap saja, sedangkan pada balapan Superbike dan Senior TT motor hanya punya 6 liter. Setiap orang tentunya tahu apa yang akan terjadi bila setetes bensin saja jatuh di ban belakang.

Iklan

Tentang oldrider

KeepBrotherhood & Peace
Pos ini dipublikasikan di MotoGP dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s