Sirkuit Belgia Bahaya dan Mematikan ditolak, MotoGP Indonesia lanjut.!

circuit-spa-francorchamps-credit-aspalt-rubberMotoGPCrash, Sirkuit Spa Francorchamps  adalah trek balap yang lokasinya yang berada di tengah hutan pedalaman di Belgia, sangat indah namun dibalik keindahannya menyimpan bahaya dan hanya cocok dan aman buat balap mobil, awalnya juga dipakai sebagai balapan MotoGP, namun karena faktor keamanan tahun 1990 dihentikan, bahkan ketika ada permintaan dari Belgia agar gelaran balap roda dua digelar disana CEO Dorna Carmelo Ezpeleta telah mengesampingkan kemungkinan kembalinya MotoGP di Spa Francorchamps di masa depan, dimana dengan motor-motor protoype yang kian canggih dan kencang tak terkira, serta ganasnya lay out sirkuit itu maka dianggap terlalu berbahaya.

carmelo-ezpeleta-credit-el-espano-com

“Mereka menghubungi kami musim panas lalu, Tapi masalah utama adalah keselamatan. Bagi kami itu hampir mustahil untuk meloloskan sirkuit itu  untuk MotoGP. ” kata Carmelo Ezpeleta

Kalau MotoGP tidak diperbolehkan bagaimana dengan Superbike ?

“Kami sedang mendiskusikan sedikit untuk Superbike, mereka mengusulkan untuk melakukan beberapa pekerjaan untuk merombak sirkuit,  Tapi yang pasti, untuk saat ini tidak bisa untuk dipakai ajang MotoGP dan Superbike, kita perlu bicara tentang hal itu. ” tambah CEO Dorna Sport itu

 

Sirkuit ini lepas dari kalender MotoGP pada 1991 dimana area yang terkenal sangat berbahaya adalah tikungan ke kanan Blanchemont yang bisa dipacu dengan kecepatan penuh pada gigi enam dan ini  dianggap terlalu berbahaya bagi sepeda motor dengan spek MotoGP. sebelumnya banyak korban pembalap yang akhirnya pensiun setelah cedera setelah melibas tikungan cepat itu salah satunya adalah Pier Francesco Chili tahun 1990 dan kecelakaan  mengerikan antara Martin Wimmer dan Loris Reggiani di kelas 250cc.

Sirkuit baru yang punya potensi gelar balapan ke 19 adalah sirkuit Indonesia dan Thailand, dimana target  Dorna berusaha untuk memperluas seri selanjutnya di Asia Tenggara yang merupakan pasar subur roda dua.
Satu lagi yang juga tinggal menunggu konfirmasi adalah Finlandia, yang akan diadakan di sirkuit KymiRing,yang kemungkinan bergabung di tahun 2019 atau kalau bisa cepat rampung segalanya akan digelar tahun 2018..

“Kami masih membicarakannya termasuk proyek Indonesia yang terus dilanjutkan…mereka sedang bekerja,  Kita juga berbicara dengan Thailand, Kita berbicara dengan keduanya.
Untuk Finlandia akan sangat mungkin dilakukan pada 2019. mereka terus bekerja, Kami terus hubungan dengan mereka, ya. Terserah mereka. Jika mereka selesai tepat waktu untuk homologated sebelum 2018 maka akan digelar tahun 2018, Jika tidak maka akan digelar tahun 2019. ” kata Ezpeleta.

Iklan

Tentang oldrider

KeepBrotherhood & Peace
Pos ini dipublikasikan di MotoGP dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s